Wednesday, November 19, 2008

Mengapa alkohol terasa dingin?

teman-teman, tahukah kalian, mengapa ketika alkohol diteteskan ke telapak tangan terasa dingin? Coba bandingkanlah, ketika menyentuh air, yang manakah terasa lebih dingin? Apakah ada penjelasan penyebab alkohol terasa dingin? 
Sejatinya, setiap zat yang menguap membutuhkan energi untuk mengubah wujudnya dari cair menjadi gas. Sebagai contoh, memanaskan air terus-menerus akan mengubah wujud air dari cair menjadi gas. Panas dari api akan mengubah air menjadi uap air. Penjelasan yang serupa berlaku juga terhadap alkohol. Sebagaimana diketahui, titik uap alkohol sangat rendah. Artinya dibutuhkan hanya sedikit panas untuk mengubah bentuk cair alkohol menjadi uap. Ketika alkohol diteteskan di lengan, panas tubuh sudah cukup untuk mengubah wujudnya. Dengan demikian panas dari tubuh mengalir ke alkohol. Sewaktu aliran panas dari tubuh terjadi, di saat itulah kulit terasa dingin.

Ingin tahu lebih banyak tentang penerapan fisika dalam kehidupan sehari-hari? Beli dong, Savvy seri Fisika. Info lebih lanjut, hubungi marketing kami di 021-53161388.
  

No comments: